Friday, February 16, 2018

Crochet si Hobby Terpendam


Udah lama nih Saya mau sedikit cerita tentang hobby saya yang satu ini. Crochet. Mumpung Libur dan kegiatan hari ini belum padet banget. (Cie so padet banget dahhh.. padahal cuma makan tidur makan tidur--pantesan gemuk -_____- ) Mmhh dari mana ya mulainya hahaha. Okay. Sebenernya udah lama banget saya belajar Crochet. Dari jaman waktu kecil. Awanya belajar bukan karna suka-suka banget. Tapi karna kebiasaan aja sih. Kebiasaan liat mama ngerajut dulu.

Ya mama saya dulu adalah seorang pengrajin crochet/rajutan. Setiap rajutan yang dia buat lalu dijual seperti taplak meja, sarung bantal, taplak meja makan dll. Saya sih jujur dulu ga tertarik banget karna saya pikir merajut adalah pekerjaan yang membosankan. Mengaitkan benang menjadi simpul-simpul hingga akhirnya menjadi sebuah produk seperti taplak dan lainnya. Ya taplak! Kebayangkan kamu harus punya kesabaran dan ketekunan tingkat tinggi. Dan saya pikir saya tidak punya (waktu itu). Ya maklum saja saya masih seorang bocah cilik, anak SD buat ngerjain kaya gitu sih males banget mending saya main masak masakan deh hahahha. Ya paling saya sih cuma bisa bantu bantu gulung-gulung benang aja.

Ko gulung-gulung sih? Iya jadi jaman dulu tuh benang ga kaya sekarang udah banyak macam warnanya, terus udah digulung-gulung pula ga perlu repot. Setelah dibeli bisa langsung di pake/dirajut. Dulu mama saya kalau ngerajut pakai benang katun, dan benangnya itu dijualnya kiloan dan belum digulung pula, alhasil saya punya kerjaan tambahan dirumah (selain belajar) yaitu Gulung Benang. Kalau gulung benang tuh awal awal semangat lama lama bosenin. Saya pikir gilak gulung benang aja udah bikin bosen apalagi ngerajutnya yaa??? Coba bayangin yaaa, coba coba hahaha

Tapi walaupun saya ga berminat buat nekunin (dulunya) bukan berarti saya ga bisa loh. Saya bisa. Hahaha Jumawa. Yaiyalaah masa yaiya donk duren aja dibelah bukan di bedong --etdaahh. Ya iya mau ga mau jadi bisa soalnya gini-gini bisa dibilang Asisten Tukang Rajut. Masa asisten ga bisa dan ngerti. Jadi ya BISA walaupun GA AHLI loh yaa.. amatirr.

Setiap selesai gulung benang 1 gulung, saya rehat dulu, sambil rehat biasanya saya ambil hook (jarum rajutan) punya mama plus benangnya ya jarum doank buat apa? Ngupil? Hahaha sadis. Abis itu saya belajar deh biar ga bosen maksudnya mah. Saya mulai belajar dari pegang benang, gimana pegang benang dan jarum yang nyaman. Ya ampun ternyata RIBET banget daripada gulung benang. Udah mulai nyaman dengan cara pegang benang dan jarum, saya lanjut ke palajaran basic gentu saja, belajar membuat rantai. Ah cetek sih saya pikir hanya membuat simpul-simpul yang berkelanjutan doank jadi kaya tali gitu, eh dasar songong juga ya anak SD ternyata simpul sih jadi simpul, tapi hasil untaian rantai nya ga langsung bagus ternyata, mengkerut-kerut, ya jelas akhirnya harus dibongkar bolak balik sampai dapetin hasil rajutan rantai yang menjuntai lurus. Kalau belum bagus belum boleh deh belajar ke tahap berikutnya. Setelah bisa rapih dan bagus saya belajar tahap berikut ya deh teknik double crochet, single crochet,triple crochet, dll. Ya sampai saya bisa. Setelah bisa ikut bantu mama donk bikin rajutan? Ngga. Yaudah yang penting bisa aja. Saya berhenti di tahap "bisa" doank.

Iya pada saat itu saya ga minat untuk bikin apa-apa, karna bosenan. Saya sih cuma mikir yang penting "BISA". Mana tau nanti keahlian ini kepake. Visioner banget kan saya anaknya. Udah berpikiran jauh kedepaan. Azheekkk hahahahhaa.

Dan memang iya akhirnya setelah saya besar seperti sekarang (tua sih tepatnya -_____-) saya mulai tertarik lagi sama rajutan. Dan merasa punya bakat keahlian terpendam yang perlu digali dan dilatih lagi. Eh Hobby tepatnya kan belum Ahli.Wkwkwk Ngaku ngaku ahli. Akhirnya saya mulai dan coba coba lagi deh. Mulai dari bikin yang kecil-kecil dulu seperti Coaster (tatan gelas) cemen kan ahahaha. Sampe sekarang belum berani bikin taplak meja makan. Lembeekkk.

Setelah nyoba bikin Coaster, saya mau coba yang lain deh. Saya coba bikin sling bag buat alya, fox sling bag yang patternnya juga ngarang-ngarang cuma liat gambar jadinya aja di internet dan ternyata berhasil. Ya ternyata hobby ini kalau dikerjain bukannya bosenin ternyata malah bikin penasaran. Setelah selesai satu project malah nantanb pengen bikin lagi.

Untuk itu semua saya butuh ide dan inspirasi donk. Awal awal saya rajin banget brosing-browsing googling, ig, pintrest. Cari model, cari inspirasi warna metode dll. Dan akhirnya saya nemu buku Molla Mills. Molla Mills tuh seorang crocheters dan saya suka banget konsep rajutannya. Simple banget teknik tusuknya ga banyak-banyak cuma main di pattern. Pemilihan warnanya juga Milenial kata sekarangsih bilangnya, simple banget. Dan saya terinspirasi banget. Produk pertama yang saya buat hasil terinspirasi gaya Molla Mills ada Make-Up Pouch diagonal stripe, Tab Case punya alya dengan tusuk single crochet. Oya patternnya saya dapet dari buku yang saya request ke mama setelah dapet dari hasil browsing. Ini dia bukunya.






Setelah berhasil bikin pouch, lalu saya lanjut bikin tas totebag. Biasa aja sih. Tapi bener deh seperti yang saya bilang tadi kalau udah berhasil nyelesein satu project jadi semangat untuk bikin yang lainnya.


Setelah berhasil dengan project-project kecil, saya coba dengan project lain yang lebih besar seperti selimut. Ya mulai dengan selimut anak bayi. Kebetulan waktu itu ada seorang teman yang baru saja melahirkan jadi kaya kesempatan gitu buat saya belajar bikin yang lebih besar. Waktu itu saya bikin selimut tema bebek gitu, jadi saya juga harus bikin selimut plus amiraguminya. Lagi lagi tanpa pola. Ngarang. Ngadelin daya khayal doank. Dan lagi lagi berhasil lagi. Makin semangat kan.


Akhirnya saya bikin lagi deh selimut dengan size ya lebih besar. Selimut untuk dika. Kali ini saya bikin selimut ala ala pixel crochet, menggabungkan beberapa warna yang dibikin dari granny square yang nantinya disusun akhirnya membentuk suatu gambar dari hasil rajutan saya, jadi kaya puzzle gitu deh.


Setelah berhasil lagi, akhirnya saya bikin selimut lagi untuk anak pertama saya, masih dengan tema pixel crochet kali ini saya membikin selimut dengan hasil jadi gambar princess dengan size yang lebih besar. Size yang setelahnya saya ga nyangka-nyangka akhirnya saya bisa bikin rajutan sebesar ini, padahal dulu kaya ya saya ga akan mampu kaya ya. Rajutan dengan ukuran 180cm x 180cm. Hampir kaya tamplak meja makan kan. Dan ini untungnya karna terdiri dari granny square jadi kaua nyicil gitu, gatau kalo langsung gitu, ngga sanggup kali ya.


Lalu project-project lainnya adalah hadiah-hadiah untuk temen temen saya, sarung bantal, cape, shawl, infinity shawl.



Setelah lumayan banyak yang saya hasilkan, sayang ternyata saya ga setekun perajut lainnya yang ga berhenti-berhenti berkarya, yang setiap bulannya menghasilkan karya. Ternyata komitmen saya masih kurang. Ya selain kerepotan karna kerjaan dan lain lain, sejak pertengahan tahun kemarin saya mulai berhenti merajut. Ga niat sih awalnya. Tapi kenyataannya sampe sekarang ga ada lagi project-project yang saya kerjain. Awalnya karna kamar kostan yang udah kepenuhan benang akhirnya saya angkut semua ke Bandung dan di selama 5 hari dijakarta ga ada benang, ketemu benang pas weekend doank dan ya weekend gimana mau pegang benang buat si LDR yang waktu dua hari tentunya dicurahkan buat anak anak dan suami, jadi ga sempet deh pegang benang. Sampe sekarang saya belum mood buat pegang benang. Padahal saya masih punya project yang tertunda. Cita cita jualan rajutan online dengan brand Chic and Crochet yang rencananya sih saya mulai kalau udah pindah ke Bandung tapi entahlah kenapa sampai sekarang benang benang dirumah masih jadi pajangan.

Huft sepertinya butuh motivasi dan inpirasi nih....

No comments:

Post a Comment