Saturday, February 17, 2018

[BOOK REVIEW] Happiness is Homemade by Puty Puar


Belakangan ini minat membaca saya mulai naik lagi nih. Kaya jumlah penonton Dilan yang terus meningkat setiap harinya. Seiring dengan meningkatnya minat baca itu pula, komitmen baca mulai meningkat. Saya jadi lebih meluangkan waktu untuk membaca setiap harinya. Bahkan mencari rekomendasi-rekomendasi buku yang bagus. Termasuk nemuin buku Happiness is Homemade by Puty Puar ini.

Saya lupa sih awal mulanya tau buku ini dari siapa. Yang jelas waktu saya lihat dari IG story beberapa orang yang selalu posting tentang buku ini. Happening banget saya pikir. Reviewnya udah ngalahin review film Dilan, yang jadi buah bibir dimana-mana. Hahahhaa. Daaan kebetulan kan saya ini anaknya kan kepo-an gitu yaaa, jadi saya cari informasi lebih dalam deh tentang buku ini siapa pengarangnya, bisa dapet dimana, isinya tentang apa? Udah macam detektif deh. Saya buka account IG penulisnya, mba Puty Puar/@byputy daaaan waw amaziing terpana deh liat feednya gemeez gemeez gimana gitu karna ternyata mba puty ini seorang illustrator loh, buka feednya malah jadi anteng deh buka satu satu. Ok deh fix saya klik tombol follow. Ga tau kenapa kalau ada account orang yang pinter gambar bawaannya langsung aja pengen follow, mana tau aja bakatnya nular gitukan? Ya paling ngga nyeneng-nyenengin mata deh pas mereka update postingan.

Okay back ke story bukunya, awalnya sempet bingung dapet dimana ya bukunya? Beli online bisa sih tapi saya ga sabaran gitu orangnya, pok torolong mun ceuk urang sunda mah. Jadi saya lebih memilih ke toko buku buat nyari, walaupun saya ga yakin waktu itu apa sudah ada ditoko yang saya tuju. Waktu itu saya ke toko buku Togamas. Tau kan Togamas? ya taulah masa ngga. Wihh ternyata adaa. Seneng banget, sampe saya langsung update di ig story dan mention penulisnya mba puty puar /@byputy, sok kenal gitu deh padahal mah emang kenal. Iya, saya yang kenal dia, dia ngga! Hahahhaa. Etapii mbanya baik banget bales DM an sayaa... huhuhu bahagiaaa (hahaha norak)


Ga sabar baca bukunya, selama perjalanan pulang dari toko buku, langsung deh saya lahap bukunya. Dan buku dengan 150 halaman yang berisi gambar-gambar illustrasi hasil karya tangan mbak puty dan kalimat kalimat singkat yang membangkitkan rasa syukur ini emang ga butuh waktu lama buat berada dihalaman terakhir. Bersamaan dengan setibanya saya dirumah, saya pun sudah berada di halaman terakhir buku tersebut.

Buku ini emang ringan banget, walaupun cuma berisi gambar-gambar full color dan kalimat-kalimat singkat tapi buku ini sarat makna. Melalui buku ini saya rasa mba puty ini menyampaikan kepada kita semua (pembaca) bahwa kebahagiaan itu ga usah susah-susah dicari, kebahagiaan itu bisa kita temuin disekitar kita, dimanapun kita berada. Sebenernya kebahagiaan itu kita sendiri loh yang buat, dari hal-hal kecil yang kadang ga pernah kita sadari.


Melalui buku ini juga mba Puty membantu kita menyadari sebenernya kebahagiaan-kebahagiaan kecil yang ada di dekat kita, menjadi bagian kehidupan kita sehari-hari yang dikemas dalam ilustrasi sederhana dan menarik.

Ada beberapa halaman yang saya highlight tentunya, yang menurut saya tuh Nendang banget alias Nampol banget, ih sayaa banget nih, semacam dejavu ketika membacanya, kayak "ih ih saya juga ngalamin kaya gini nih", dan tersadar OMG, that a happiness too.. 

#1
BEING ABLE TO FIND THE LITTLE THINGS THAT YOU NEED AT THE RIGHT TIME

Kita suka ga sadar, ternyata nemuin benda-benda kecil seperti ini tuh ternyata suatu kebahagiaan juga, hal sepele. Kita emang pasti seneng banget apalagi pas susah nyari peniti buat pake jilbab pas lagi keburu-buru mau kekantor tau-tau ngga sengaja nongol didepan mata, yang kalau kata orang sunda mah (lagi) mun oray mah geus matok. Tapi kejadian kaya gini tuh jarang banget kita perhitungkan sebagai suatu kebahagiaan. Atau pas butuh pulpen buat absen di kantor, maklum udah usia segini kenapa ya malah pulpen jadi barang langka di tas. Padahal hoby banget ngumpulin Alat Tulis tapi giliran mau dipake suka ga ada, terus tiba-tiba orang disebelah nawarin pulpen, Happy kan!

#2
GETTING EMPTY SEAT WHEN LEAST EXPECTED..

Hayo siapa coba yang ga seneng nemu kursi kosong pas lagi naik kendaraan umum? Terutama pas lagi naik metro mini di Jakarta Kota sana. Jadi teringat masa-masa masih di Jakarta, masa di mana Gojek, Grab belum booming seperti sekarang. Pulang pergi kantor harus pake metro mini, dan berebut tempat duduk apalagi di jam pulang, yang lagi padet-padetnya. Begitu dapet kursi kaya dapet apa rasanya, lumayan pantat bisa didudukin dulu sebentar. Karna pantat juga butuh pijakan. hahahaha.

#3
BEING GRATEFUL FOR GOING TO WORK  AND HAVING A JOB

Being Grateful for going to work, and having a job (even if it's not your dream job, because even if you can't do what you love, you can always love what you do.) Nih nohok banget pas saya baca  bagian ini. Saya yang kadang suka males-malesan ke kantor, yang berpikir pekerjaan saya membosankan lah, saya bekerja bukan pada passion saya lah dan bla bla. Saya bukannya bersyukur alih-alih malah ngeluh terus setiap hari, yang ada langkah saya buat ke kantor bukan terasa ringan malah tambah berat. Baca ini rasanya kaya pengen noyor diri sendiri, tuh baca tuh, bersyukur punya kerjaan, punya penghasilan. Karna banyak orang yang ga punya kerjaan pengen kerja apa aja asal punya penghasilan buat menuhin kebutuhan hidup, Iya emang lebih baik punya pekerjaan daripada ngga, karna kalau ngga gimana saya bayar semua tagihan-tagihan. Ingat bil-bil mengantri untuk dibayar tiap bulan oy!! (curhat deh)

#4
COMING TO A BOOKSTORE

Being Surrounded By Lots and lots Words & Things Waiting To Be Discovered. Dateng ke Toko Buku tuh emang salah satu hal yang menyenangkan, selain shoping di mall (hehehe), bahkan walau ngga beli bukunya sekalipun, setidaknya bisa berlama-lama menikmati berbagai judul buku yang pengen ngga tau mau dibeli apa ngga, bahkan walau cuma baca sinopsisnya aja, atau prolognya aja, dan minta si mas/si mbanya buat buka plastik segelnya aja, its pleasure.

#5
UNEXPECTEDLY FINDING MONEY FORGOTEN INSIDE YOUR POCKET

Ini kejadian yang lumayan sering, dan pernah terjadi sama saya beberapa hari yang lalu (berapa hari ya? coba dihitung dulu. 30 hari? Ah, sebulan maksudnya--hahahah). Jadi waktu itu pas lagi bokeeekk banget (eh-curhat doonk maahh) nah ceritanya saya pake celana yang udah lama banget ga saya pake, saya juga ga tau sih kenapa mau pake celana itu, mungkin Allah SWT lead me the way to found the money ya,, hehehe. Akhirnya pas saya pake ko ya iseng juga tangannya pengen rogoh koceknya, padahal ngga ngarep apa apa kaya reflek aja gitu, trus eeh bener ada kertas-kertas gitu, saya pikir ah paling uang Rp.2000,- taunya pas saya keluarin uang Rp. 70.0000,- ya ampuuun happy banget kan, padahal celana itu udah berbulan-bulan kali udah gak saya pake. Bahaagianya super Bahagia, kaya orang lagi kehausan digurun pasir terus dikasih air gitu,, lagi bokek nemu duit. Masyaallah, Alhamdulillah. Semoga besok-besok pake celana selalu nemu uang dikoceknya hahahahaha. Nah yang ini ngarep!

#6
EVENTUALLY DELETING MESSAGES YOU THOUGHT YOU NEVER LET GO AND CLICKING UNSUBSCRIBE THE NEWSLETTERS YOU NEVER READ

Saya kan anaknya milineal gitukan, jadi keseharian ga bisa lepas dari yang namanya email (wekss), walaupun email yang masuk itu dari Bank, berupa tagihan-tagihan, iklan-iklan online shop yang pernah saya belanja-in, dan dari diri saya sendiri tentunya tak lupa saya informasikan kepada kalian semua. Ya email dari saya sendiri yang saya kirim sendiri untuk saya sendiri. (pusingkan). Ya biar terasa ramai aja gitu email nya , biar notifnya bunyi terus, ting ting ting, biar kalau ada yang denger jadi saya dikira oranga sibuk dan penting gitu, terus saya pura pura bales deh, padahal saya bales-balesan sama diri saya sendiri,, hahaha begoookaan.. Ya yang ada email dari saya sendiri buat nyimpen-nyimpen foto atau materi posting yang sudah saya ketik di handphone. 

Oke-oke back to the topic ya, kenapa halaman ini tuh saya banget, karna ya emang anak milineal yang banyak mailing list nya yang ga tau darimana ko tiba tiba nongol di email padahal merasa ga pernah subscribe. Menghapus email-email tersebut bahkan men-klik UNSUBSCRIBE adalah hal paling TEPAT yang pernah saya lakukan sepanjang perjalanan saya didunia per-email-an hahahaha. Membahagiaan sekali mengetahui email-email mereka ngga akan pernah masuk inbox saya lagi, ga akan bikin sampah lagi dan ngga akan ngambil kuota internet dari hp saya. Penghematan!

#7
WHEN THE PACKAGE WE'VE BEEN  WAITING FOR ARRIVES

Sebagai online shopper sejati, menanti paket dateng tuh kaya menanti surat cinta dari sang pacar, yang dikirim lewat pos. (Padahal ga pernah juga surat-suratan dulu sama pacar, gimana tau rasanya?-hahahah). Kalau jadwalnya jadwal nyampe si barang yang dipesan, denger suara motor lewat atau berhenti didepan rumah aja udah GR banget, padahal mah mau ketetangga sebelah. Bolak-balik ngintipin jendela. Gelisah. Mana paketku-mana paketku? dan begitu datang, Oh my baby is comming! dan pas dibuka paketnya ga sesuai harapan, sepatunya kesempitanlah salah nomor, bajunya ga paslah karna ukuran badan ternyata sudah membesar. Modyar! Hahahaa, sesalah apapun tetep liat tukan JNE dateng bawa bungkusan paket is HAPPINESS!!

#8
DISCOVERING A NEW SONG YOU LIKE AND PLAY IT ON REPEAT

Ya selain milineal, saya anaknya music banget (yaa terus aja ngaku-ngaku anak ini anak itu, yang jelas sih anak papa mama hohohoho) walau kalau suruh nanyi sih saya nyerah, angkat bendera putih tinggi-tinggi, mending suruh ngepel lantai deh. Mending cape daripada mempermalukan diri sendiri. hahahhaa. Baca halaman ini tuh kaya pengen teriak ih Gue Banget Gue Banget!! trus pengen nelp si mba puty nya dan bilang mbaaa kamu Dilan ya? ko bisa meramal? tapi sayang saya ga punya no hp nya jadi ga jadi deh saya telp hahahahaha. Tau aja nih mba puty, kalau udah suka sama satu lagi diputerrrr terus diulaang teruss, sampe tuh penyanyi megap-megap dan kalau bisa ngomong dia bakalan ngomong "WOYY GANTI KENAPA? CAPEE NIH!" hahahahaa untungnya ngga ya alhamdulillah untungnya dia cuma bisa nyanyi terus walaupun sudah saya porsir dengan tombol repeat dia tak pernah lelah. Dan alhamdulillahnya sekarang tuh juga bukan jaman kaset, jamannya youtube, joox, spotify kalau ngga ya udah jebol deh kasetnya, atau bolak balik saya harus beli batere ABC biar walkman tetep nyala. yahahahaha. Alhamdulillah satu lagi kebahagiaan.

#9
TURNED OUT, YOUR CREDIT CARD BILL ISN'T AS BIG YOU EXPECTED

Aduuh duh yang ini yaa, pernah ga sih udah belanja banyak eh ternyata tagihan bill yang kamu kira melonjak taunya ga seperti yang kamu bayangin? Bukan, bukan karna kamu ga jadi beli sepatunya, tapi karna billnya emang baru kecetak dibulan berikutnyaa.. yahahahahaha yah betterlah setidaknya bulan ini kamu bebas tagihan dan bisa bernafas sampe bulan berikutnya. Ah, setiap buka lembar demi lembar buku ini tuh  like counting a happiness tau. Tau gak? baca baca makanya. hahahhaa.

#10
FINDING AN AVAILABLE PARKING SPOT AT THE RIGHT TIME

Tau kan rasanya nemu tempat parkir, disaat parkiran lagi rame-ramenya pengunjung tuh rasanya gimana? setelah muter-muter keatas kebawah kedepan kebelakang terus akhirnya nemu. Trus yang sering kali terucap adalah REZEKI ANAK SHOLEH!! hahaha iya REZEKI dari Allah, kadang kita ga sadar kan? Alhamdulillah, nabung kebahagiaan.

#11
MEETING OLD FRIENDS AND CATCHING UP AND JUST TAKING & LAUGHING

Bener banget nih bener banget!! ketemu temen bisa jadi tempat "Relaksasi" banget. Melupakan sejenak kepelikan, pekerjaan menumpuk, atau kebosanan. Melalui mereka kita bisa membagi cerita suka maupun duka. Tertawa sejenak, ya sejenak lebih baik daripada tidak sama sekali. Mengeluarkan sampah-sampah dikepala. Se-Ga Ada Materi-nya pun saat pas mau kumpul tetep aja ada aja bahan obrolan, bahan celaan, bahaan ketawaan yang menghibur yang membuat hati senang. Sekali lagi HATI SENANG. 

#12
HAVING YOUR GUILTY PLEASURE OCCASIONALLY

Tandinya mau bikin 10 highlight aja tapi malah jadi 11 terus jadi 12 karna pengen nambah 1 lagi nih gara-gara halaman ini. Keliatan kan gambarnya INDOMIE pake TELOR. Mungkin itu INDOMIE GORENG. Makanan favorite sejuta umat. Cuma saya sedih aja sih sekarang seakan-akan makan indomie menjadi GUILTY Thing gitu, walaupun Giving a PLEASURE. Hahaha jaman saya kecil ga ada tuh larangan makan indomie mau kaya apa aja, bisa dibilang mungkin saya ini generasi MSG dan generasi Mecin dan sekarang hidup didunia yang anti MSG yang mana makan indomie adalah suatu kesalahan. Karna pada saat saya asik-asik nikmatin indomie selalu aja ada celetukan "IH KO MAKAN INDOMIE?" Tiba tiba saya merasa bersalah ditengah-tengah kenikmatan melahap semangkuk indomie pakai telor plus cabe rawit hangat-hangat dikala hujan turun. Mantapkan?!! hahahaa.

Oke intinya, Kamu salah deh kalau makan Indomie. Apalagi kalau lagi hamil, kamu akan dicap jadi seorang ibu yang ga peduli sama bayinya. hahahaha SADIS! Tapi tahukah kalian kalau seorang ibu hamil itu perlu bahagia hatinya, supaya si jabang bayi di dalam kandunganpun ikut merasakannya. Merasakan Kebabahagiaannya. Nah makan Indomie disaat hamil tuh salah satu yang bikin bahagia. Tahu kah kalian? rasanya saat Indomie cuma bisa dinikmati beberapa bulan sekali? tahukah rasanya makan indomie jarang-jarang? Makan Indomie saat hamil? NIKMAAAATTTT!!! hahahahahaha Ibu hamil makan indomie itu bikin BAHAGIA. Alhamdulillah, semoga Allah SWT selalu melindungi ibu-ibu yang sedang hamil beserta bayinya, selalu diberikan kesehatan, walaupun makan Indomie. Aamiin,

Ah, Indomie memang seleraku. Bikin si aku bahagia. hahahaha.

***

Ok 12 aja ya saya kira tadi 11 taunya salah itung. Sebenernya banyak banget yang udah saya capture, tapi saya urungkan untuk naik dalam postingan ini dikarenakan saya takut jadi kaya Spoiler dari bukunya mba Puty, daaan yaaa biar kalian penasaran aja. Biar kalian punya juga bukunya dan nemuin Your Own Happiness,like i found my other homemade happiness, and i wrote on book.! Yap dihalaman-halaman terakhir mba puty ngajak kita buat nulis kebahagian-kebahagian kecil yang yang kita rasain. Mungkin biar kita selalu ingat untuk selalu bersyukur dan bahagia. Iya, ingat untuk selalu bahagia!


#LAST
FINDING THE STICKER PAGE ON THE LAST PAGE! LIKE FIND A TREASURE!!

Dan iniiiii, kamu kaya nemuin harta karun deh dihalaman terakhir. Karna kamu bakalan nemuin halaman stiker. Kamu anak jaman kapan sih? ko Seneng stiker? Saya anak jaman 90-an, jaman dimana dipintu gerbang sekolah masih ada mang-mang yang jualan bermacam-macam stiker dan kita selalu suka untuk beli stikernya. Jadi nemuin halaman Stiker kaya gini? is HAPPINESS.

***
Setelah membaca buku ini saya menyadari, banyak sekali kebahagiaan yang lupa saya syukurin. Padahal banyak banget nikmat Allah SWT yang diberikan kepada saya. Tapi emang dasar kita manusia kadang lupa sama nikmat yang diberikan oleh-Nya, karena nikmat itu sering kali dilihat dari bentuknya, wujud fisiknya seperti harta benda, padahal banyak hal lain yang tak terlihat tapi kita rasakan tapi sering kali pula kita lupakan. Seperti bisa Kita sering kali lupa bersyukur. Begitu banyak nikmat, seperti yang terdapat dalam surat Ar-Rahman, 

fabiayyi ala i rabbikuma tukadziban
Maka ni’mat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?

Terima kasih ya Allah untuk semua yang telah engkau berikan dan terima kasih mba puty telah mengingatkan kita lewat bukunya, menaburkan kebaikan dengan tulisan dan gambar yang mudah dipahami.

Intinya hal sekecil apapun, kalau kita coba cari sisi positifnya dan bersyukur terus pastilah bikin kita bahagia. Sebagai rasa syukur dan bahwa suatu kebaikan itu harus diteruskan dan ditularkan, untuk itu saya tulis review ini bahkan saya menghighlight IG-Story supaya temen-temen yang cari rekomendasi buku, tau buku ini layak untuk dibaca.


The last but not the least, buku ini buku yang akan saya buka halamannnya berkali-kali, membacanya kembali biar saya ga lupa untuk selalu bersyukur. Bahkan saya bersyukur dan bahagia sudah menyelesaikan postingan ini, yang mana disaat bikin postingan ini saya harus buru-buru karna harus kepasar. Aelaahh kepasar doank. Iya tar keburu habis sayurnya, ikannya. Yaudah sih tinggalin aja postingannya entar-entar lagi. Ga bisa pengen sekarang! Perang batin kan tuh? Dan saat ini selesai, Alhamdulillah, selesai juga perang batinnya. Hahaha Receehh tapi emang seneng banget kalau udah selesai bikin satu postingan!

Daan teman hal apa yang membuat kamu bahagia hari ini?


2 comments:

  1. OMG terima kasih buanyaaaakkkk
    Kyaaaaaaa ini review yang sangat apik dan lengkapp... terima kasih banyak sudah panjang2 menulisnya... aku izin arsipkan dan share yaaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya mba sama-sama, dengan senang hati buat mereview buku yang bagus kaya gini, biar nular ke yang lain, biar ikut baca juga.

      Iya mba silahkan boleh dishare biar makin banyak yang beli bukunya. aamiin.

      Delete