Tuesday, August 29, 2023

Serunya Semarak Kemerdekaan Pelatihan Vokasi BBPVP Bandung!


Blog udah lama gak keisikan (selalu ya ini jadi kalimat pembuka, heheh semoga postingan berikutnya gak pake kalimat ini ya karna kelamaan gak postingnyya), mumpung ada bahan cerita. Kita cerita deh ya. Kali ini aku mau ceritain nih Serunya Acara Semarak Kemerdekaan Pelatihan Vokasi di BBPVP Bandung.


Ohya kenapa ko aku cerita tentang serunya Acara Semarak Kemerdekaan Pelatihan Vokasi di BBPVP Bandung sih? Soalnya pertama ya karna aku kerja disana heehe, dan kantorku ngadain berbagai rangkaian kegiatan pada acara itu. Etapi mungkin belum pada tau ya apa sih BBPVP Bandung itu? BBPVP Bandung itu singkatan dari Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Bandung. 

Kalau masih belum paham aku kenalin dikit ya tentang kantorku, karna tak kenal maka tak sayang katanya hehehe.. Okay deh, Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BBPVP) Bandung adalah salah satu unit pelaksana teknis di bawah Direktorat Jenderal Pembinaan Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Kementerian Ketenagakerjaan mempunyai tugas pokok dan fungsi antara lain: Melaksanakan pelatihan vokasi dan peningkatan produktivitas, peningkatan kompetensi instruktur dan tenaga pelatihan, sertifikasi kompetensi, dan uji coba program, sistem dan metode pelatihan vokasi dan peningkatan produktivitas, serta konsultasi dan peningkatan jejaring di bidang pelatihan vokasi dan produktivitas. Daftar kejuruan di BBPVP Bandung terdiri dari pelatihan Otomotif, Manufaktur, Referegasi Pendingin (AC), Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

Semarak Kemerdekaan Pelatihan Vokasi yang digelar Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BBPVP) Bandung merupakan upaya mengenalkan keberadaan BBPVP Bandung kepada masyarakat umum, sebagai wadah mengembangkan kompetensi bersertifikasi melalui Pelatihan Gratis yang ditunjang sarana dan prasarana yang lengkap. 

Beragam kegiatan dihadirkan di acara Semarak Pelatihan Vokasi, selama 5 hari yang lalu. Event Semarak Vokasi BBPVP Bandung ini menghadirkan berbagai macam kegiatan diantaranya Job Fair, Talkshow, Ngobrol Bareng Komunitas, Trial Class Otomotif, Trial Class Manufaktur, TIK, Service Gratis untuk OJOL, Pemeriksaan Kesehatan Gratis, Pameran UMKM dari Balai Latihan Kerja Daerah dibawah Binaan BBPVP Bandung, hingga Kuliner UMKM dan ditutup dengan acara hiburan oleh artis terkenal. Semarak Kemerdekaan Pelatihan Vokasi dilaksanakan 24 hingga 28 Agustus 2023, di pelataran BBPVP Bandung. Oya mungkin belum ada yang tau juga ya dimana sih BBPVP Bandung? BBPVP Bandung tuh ada di Jalan Gatot Subroto Bandung.

Sumpah deh seru banget. Jadi inget masa masa lulus sekolah, kuliah, masa masa lagi seru serunya nyari kegiatan rajin rajinnya ikut kursus dan pelatihan buat nambah skill yang bisa ditulis di CV hehehe dan seru serunya berburu lowongan kerja, masa masa marathon job fair. Dan kali ini ternyata kantor sendiri yang ngadain kegiatan selengkap itu, mulai dari Trial Class, Expo Pelatihan dan sekaligus Job Fair dari 40 Perusahaan ternama. Seru ya ternyata. Buat kita panitianya aja sudah seru apalagi buat partisipan dan tamu tamu yang berkunjung.


Di Trial CLass Manufaktur Pengunjung yang tertarik manufaktur langsung praktek mengenai pembuatan sheet metal, mencoba langsung dengan peralatan peralatan mesin manufaktur yang adai di BBPVP Bandung.



Di Trail Class Otomotif, pengunjung yang tertarik mengenai Pengecatan Mobil bisa mengikuti materi materi proses pengecatan dan teknik pengecatan mobil. Seru banget kan. Kapan lagi ada kegiatan Trial Class otomotif begini di Bandung, cuma di acara Semarak Kemerdekaan Pelatihan Vokasi ini pengunjung dapat mengikuti Trial Class begini.


Di Trail Class TIK, pengunjung yang tertarik mengikuti trial class TIK diajarkan, proses dalam pembuatan pin, dimulai dari membuat design pin sampai dengan mencetak pinnya sendiri baik menggunakan mesin ataupun alat manual, secara gratis. Oya hasil karya pin nanti boleh dibawa pulang loh. walaupun hanya dengan trial class singkat begini tapi peserta sudah mendapat ilmu dan bekal untuk membuat karya pin mana tau bisa buka usaha sendiri yakan?
 




Untuk Job Fairnya sendiri juga Gratis. Sejumlah perusahaan yang ikut andil di Job Fair itu antara lain Bank Mandiri, Isuzu, Bank Mandiri Utama Finance, Oppo, PT Sinar Sosro, Surganya Motor, Daihatsu Ahmad Yani Bandung, Planet Ban, PT Swapro International, Pharos, Combiphar, Yamaha, dan masih banyak yang lainnya. Harapan dari Job Fair ini sendiri adalah penyerapan tenaga kerja meningkat donk tentunya.



Talkshow bareng beberapa narasumber membahas dari beberapa stakeholder membahas seputar kesempatan kerja, pasar kerja.  Diskusi mengenai hal ini mencakup sejumlah aspek, termasuk faktor-faktor yang mempengaruhi kesempatan kerja, strategi untuk mencari dan mendapatkan pekerjaan, serta penempatan kerja yang tepat bagi individu sesuai dengan latar belakang, keterampilan, dan minat mereka, terutama disini yang dibahas tentunya seputar dengan bidang bidang keahlian otomotof, manufaktur, TIK dan refrigrasi.


Ngobras, Ngobrol Bareng Komunitas Komunitas di Bidang Otomotif, IT, Refrigrasi. Tujuan ngobrol bareng komunitas-komunitas yang memiliki minat dan fokus tertentu, seperti otomotif, refrigerasi, dan teknologi informasi dan komunikasi (TIK), adalah cara yang bagus untuk mendapatkan wawasan mendalam, membagikan pengetahuan, dan membangun hubungan dengan sesama pecinta bidang tersebut. Ngobrol bareng komunitas Otomotif tentu yang dibahas tentang perkembangan terbaru dalam teknologi otomotif, termasuk kendaraan listrik, dan teknologi terkait lainnya. Sedangkan ngobrol bareng komunitas refrigrasi membahas perkembangan terbaru dalam teknologi pendinginan dan peralatan refrigerasi, seperti AC, kulkas, dan sistem pendingin lainnya.

Selain rangkaian kegiatan diatas, ada juga nih Lomba Band antar SMK dan SMA Sekota Bandung. Pesertanya sebagian besar diikuti oleh anak SMK dan mereka berbakat banget tentunya. Selain berbakat dengan keterampilan kejuruan disekolahnya tapi juga berbakat dimusik, dan tentunya kegiatan lomba band di acara Semarak Kemerdekaan Pelatihan Vokasi BBPVP Bandung ini menjadi wadah untuk menyalurkan bakat dan minat anak anak muda ini yakan? semoga next time bisa diadakan lagi karena hadiahnya lumayan banget loh untuk para juaranya.


Pemeriksaan Kesehatan Gratis bekerja sama dengan Balai Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) Bandung, pengunjung diberikan fasilitas cekup kesehatan gratis diantaranya untuk pemeriksaan Gula darah, Tensi, Kolesterol, Asam Urat. Wuaah mayan bangetkan dapet pemeriksaan gratis. Gak perlu ngerogoh kocek nih untuk tau kondisi kesehatan kita.

Selain itu semua ada beberapa pameran ekspo hasil produk pelatihan dari Balai Balai Pelatihan di Bawah Kementerian Ketenagakerjaan seperti Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Bandung Barat dan Balai Latihan Kerja dibawah Binaan BBPVP Bandung Beberapa hasil produk pelatihan seperti hasil pertanian, pengelolahan makanan dihadirkan disini. Dengan adanya pameran dari Balai Balai Latihan Kerja kita jadi tau jenis jenis pelatihan yang ada didaerah dan bisa diikuti oleh temen-temen dari berbagai daerah yang berminat untuk mengikuti pelatihan dan menambah atau memperkaya kompetensinya.

Mau tau gak yang paling seru apa? Puncak acaranya donk. Kegiatan ini ditutup oleh penampilan meriah dari Ady (yang dulunya vokalis naff itu loh), sumpah pecah sih acaranya. Semua orang membaur dalam keseruan dan kemeriahan acara, ikut bernyanyi bersama. ahh sayang banget acaranya selesai yaa.. Tapi tenang aja katanya sih bakalan ada lagi di bulan Oktober ini pada peringatan Bulan Pelatihan Vokasi, dan katanya bakalan ngundang bintang tamu yang lebih meriah lagii... gila sih gak sabar...


Itu deh sedikit cerita keseruan acara Semarak Kemerdekaan Pelatihan Vokasi di BBPVP Bandung kemarin, menyisakan pengalaman berharga buat aku tentunya, karena menjadi bagian dikegiatan ini, banyak hal yang dipelajari yang tentunya nambah pengalaman dan cerita aku.. seneng deh pokoknya, walaupun capek yaa udah pasti hehehe..

Buat kamu yang gak berkesempatan datang di acara ini, tar dateng ya di Bulan Oktober nanti, acaranya gak akan kalah seruuu!!

Love
dhila

No comments:

Post a Comment