Sunday, December 24, 2017

Skincare Rutin (Ala-Ala) Korea


Sebagai perempuan pasti donk kita peduli banget sama yang namanya kulit. Mulai kulit muka kulit tangan, kulit kaki, kulit badan ya semua deh sebadan badan. Semua kulit yang ada. Ya minimal semales malesnya pasti orang tuh untuk skincare routine yang super standar aja pasti ya perempuan tuh pake pelembab buat kulit mereka, mau pelembab wajah ataupun untuk badan kita, body lotion.

Daan Saya tuh duluuu. Ya duluuuu jaman masih sekolah cuek banget urusan kulit. Apalagi kulit wajah. Mungkin karena ga terlalu bermasalah juga kulitnya paling masalah dengan warnanya saja. Gelap. Mmhh yaa item. (Ehem curhat). Jadi setelah beranjak dewasa, punya pacar (eaaaa) mulai deh pake pake namanya pelembab. 

Semakin bertambah usia alias makin tua (ahay jujur), ya setelah menikah, punya anak mulai deh ngalamin ngalamin masalah kulit, jerawat datang silih berganti, muka yang yang berminyak tak jungjung reda, komedo yang mulai bermunculan menampakkan wujudnya, pori pori yang membesar semuanya bikin muka keliatan kusem-kusem gimana gitu. Dan makeup tentunya bukan menjadi solusi buat itu semua. Ya kan?

***

Suatu hari dibulan April, waktu itu jam istirahat makan siang. Seperti biasa saya dan teman-teman makan siang bareng. Ditengah-tengah obrolan siang kita, entah dari mana mulainya kita membahas tentang masalah kulit yang kita alami dan salah seorang teman saya menceritakan kalau dia sedang menjalani skincare routin ala korea gitu. Saya sih waktu itu baru denger. Setelah mendengar step apa saja yang dia gunakan akhirnya saya pun browsing-browsing mencari beberapa informasi skincare yang cocok dengan jenis kulit saya yang berminyak ini dan permasalahan yang dialaminya.

Setelah puas browsing-browsing mulai deh saya cari beberapa online shop yang kira-kira rekomendasi bwt jual produk original. Maklum ada beberapa produk yang emang saya beli online karna belum nemu toko offlinenya. Beberapa saya beli ofline langsung di toko seperti produk Faceshop, Innisfree (walaupun digojekin sih waktu itu hehee).

Sampai hari ini dan bulan ini sih berarti saya sudah hampir 8 bulan memakai skincare produk korea. Alhamdulillah cocok banget, Minyak dimuka saya sudah mulai ga merajalela, walaupun pastinya masih ada dan emang harus tetep ada hehee karna sebenernya minyak dimuka itu yang bikin kulit jadi awet muda, tapi kalo berlebihan kan emang ga bagus (semua yang berlebihan emang ga baik hehehe). Dan yang paling jelas ketara adalah pori-pori saya yang mengecil. Bahkan temen-temen juga notice dengan pori-pori saya yang mengecil. 

Karena emang focus saya dari awal mencoba skincare ini adalah untuk mengecilkan pori-pori dimuka saya ini, makanya banyak produk yang saya gunakan ini dari Jeju Volcanic Lava. Karna menurut beberapa rekomendasi yang saya baca setelah browsing  Jeju Volcanic Lava menawarkan banyak manfaat untuk merawat kulit wajahmu, yaitu mengecilkan pori-pori, menghilangkan minyak, mencerahkan wajah, dan menghilangkan blemish atau noda pada wajah.

Ini ni berikut beberapa produk dan step yang saya gunakan diantaranya:

#1 Faceshop Water Bright Cleansing Milk

Ini Step pertama sebelum step-step yang lain, Cleansing Milk, Fungsinya sudah pasti membersihkan kulit dari kotoran dan debu setelah kita beraktifitas terutama setelah aktifitas dari luar dengan segala produk make up yang menempel di muka kita.

Kenapa saya memilih Rice Water Bright Cleansing Milk Ini, karena seperti yang kita tahu air beras itu menyimpan banyak manfaat baik bagi kulit wajah.  Ternyata di dalam air beras terdapat kandungan asam amino, vitamin, mineral dan anti-oksidan. Jika kita gunakan secara rutin, air beras dapat menjadikan kulit wajah lebih cerah, mengontrol produksi minyak, mengurangi dan mencegah kerutan serta mengatasi masalah jerawat.

Produk ini memiliki tekstur yang lembut dan ringan dalam mengangkat kotoran dan sisa makeup di wajah. Daya bersihnya juga bagus banget, kotoran dimuka keambil secara maksimal. Bahkan eyeliner dan maskara waterproof diangkat secara sempurna. Muka bersih seketika. Bentuk kemasannya yang berbentuk pump membuat produk tetep hygienist dalam penggunaannya. Menurut saya produk ini recommended banget.

#2 Faceshop Jeju Volcanic Lava Pore Scrub Foam

Setelah membersihkan muka dengan cleansing milk, saya selalu mencuci muka saya lagi dengan foam, biar kulit terasa lebih seger setelah seharian lelah. Mencuci muka menurut saya manfaatnya bukan hanya double cleansing bwt muka kita tapi pada saat air membahasahi wajah kita tuh bikin seger kembali. Ya gimana aja kalo kita abis wudhu.

Seperti yang saya ceritain diatas sebelumnya kenapa produk yang saya gunakan lebih banyak yang Jeju Volcanic Lava karna manfaatnya itu sendiri untuk merawat kulit wajahmu, yaitu mengecilkan pori-pori, menghilangkan minyak, mencerahkan wajah, dan menghilangkan blemish atau noda pada wajah.

Karena berbentuk scrub tentu teksturnya agak kasar pada saat digunakan, tetapi walaupun begitu tetap aman dikulit karena setelah itu kulit tetap lembab tidak terasa kering dan kaku. Yang jelas terasa setelah mencuci muka dengan foam ini kulit terasa bersih banget dan komedo di pori-pori seperti terangkat.

Ukurannya yang lumayan besar 150ml bikin awet dipakai setelah berbulan bulan, karna penggunaannya juga tidak harus banyak. Dan saya pun recommended banget untuk yang satu ini.


#3 Bodyshop Drops Of Youth - Youth Liquid Peel

Ini dia produk yang paling saya tunggu-tunggu untuk dipake setiap minggunya. Hehehe maklum ini ga dipake setiap hari. Sebenernya saya pake ini setelah membersihkan muka. Tapi ini hanya saya pakai seminggu dua kali.

Youth Liquid Peel dari Bodyshop Drops of Youth ini sendiri berfungsi meluruhkan dan dengan lembut mengelupaskan kotoran, sel kulit mati dan residunya.

Bentuknya seperti gel gitu, lembut dan dingin. Setelah diaplikasiin diwajah gelnya lalu mencair. Bentuk pengplikasiannya seperti dipijat-pijat gitu sampai daki dan kotoran diwajah kita keluar. Setelah digunakan muka jadi terasa dingin kenyal dan bersih. Saya suka sekali produk ini, walaupun ini bukan produk korea ya hehehee.


# 4 Masker

Untuk masker saya bisa menggunakan beberapa masker dan dalam sehari saya bisa 2 kali masker, pagi hari setelah bangun tidur sebelum memulai aktivitas dan malam hari setelah aktivitas. Saya ga tau ini bagus apa ngga, recomended apa ngga, tapi yang jelas saya merasakan banget manfaatnya.

Masker-masker yang saya gunakan diantaranya

Innisfree Super Volcanic Pore Clay Mask
Innisfree Super Volcanic pore Clay Mask merupakan masker Jeju volkanik untuk membantu mengontrol minyak berlebih dan membersihkan pori. Effektif membantu mengecilkan pori, mengontrol sebum, mengangkat sel kulit mati, membersihkan kulit secara menyeluruh, mencerahkan kulit, serta memberikan efek dingin menyegarkan.

Teksturnya seperti tanah liat gitu, dan begitu dipake diwajah, wajah terasa dingin. Setelah penggunaannya sekitar 30 menit, masker ini perlu dibilas, pembilasannyapun mudah dilakukan. Setelah dibersihkan pori-pori terasa merapat hehehe. Dan menurut saya produk ini yang berpengaruh membantu saya mengecilkan pori-pori diwajah saya. Saya biasa menggunakan dipagi hari setelah bangun tidur.

Faceshop Jeju Volcanic Lava Pore Mud Pack
Ini sebenernya fungsinya sama saja dengan Innisfree Super Volcanic pore Clay Mask, mengecilkan pori, mengurangi sebum, mencerahkan. Ya saya awalnya iseng aja beli, karena jujur saya semacam terobsesi gitu sama segala macem yang berbau Jeju Volcanic Lava. 

Secara tekstur, produk dari faceshop ini lebih encer daripada produk innisfree bisa dibilang semacam cream tapi lebih padat. Tapi hasilnya ga kalah sama innifree, setelah pakai Pore Mud pack ini kulit wajah terasa lebih cerah.

Freeman Dead Sea Mineralss Anti-Stress Mask
Masker ini sebenernya bukan dari korea, ini produk USA. Awalnya saya coba-coba aja sih karna liat influencer-influencer di instagram (Yes, they influenced me so much. I thought!) 

Kenapa saya memilih jenis ini pada saat saya pertama kali mencoba dari sekian jenisnya, ya pada saat saya liat kemasannya saya langsung tergiur dengan tagline yang ada di produknya "Clears pores & smooths skin".

Manfaat masker ini sendiri membantu kulit melepaskan lelah dengan cara merawat dan menutrisi kulit dengan kandungannya yang kaya mineral laut mati dan garam laut, selain itu juga membantu mengembalikan dan menyeimbangkan kelembapan kulit juga membersihkan pori-pori yang tersumbat. Lavender dan Bergamot membantu memberi efek aromatherapy untuk melepaskan stress sehingga kulit menjadi lembut dan bercahaya. 

Masker ini bener-bener nenangin saat dipake, mungkin karna harumnya kali ya dan dinginnya saat dipakai dan bentuk Mud (Dari sekian masker saya paling suka masker yang bertekstur mud/clay). Kurangnya emang agak perih dimata, untuk itu pada pemakain berikutnya saya agak kurangi pemakaian dekat mata untuk menghindari perihnya.

Freeman Green Tea Orange Blossom Peel Off Gel Mask
Nah setelah mencoba Dead Sea Minerals Anti Stress Mask, dan merasa cocok dan suka dengan hasilnya, saya ketagihan deh untuk mencoba jenis lainnya. Akhirnya suatu hari ga sengaja liat temen yang pasang instastory kalau dia lagi belanja produk skincare ini di Kuala Lumpur, langsung donk saya manfaatkan kesempatan buat titip 1 hehehe alhamdulillah temen saya baik banget mau dititipin.

Untuk yang jenis Green tea Orange Blossom ini, maskernya teksturnya berbentuk gel, rasanya superrr dingiiin dan iya lengket seperti lem. Begitu dipake muka serasa adem, lalu beberapa menit kemudian gel nya mulai mengering untuk siap-siap dikelupas. Dikelupas? Iya namanyakan Masker Peel-Off jadi maskernya ditarik gitu tapi tenang aja ini ga bikin sakit sama sekali malah seru jadi kaya mainan gitu. Oya pada saat si gel mengering untuk siap-siap dikelupas, pada saat ini kulit terasa kenceng banget, dan rasanya pori-pori saya menciut, urung mekar kembali hehehe.

Manfaat masker Freeman Green Tea Orange Blossom Peel Off Gel Mask ini sendiri adalah Teh Hijau dan Orange Blossom yang mengandung Vitamin C membantu meminimalkan munculnya bintik hitam, mencerahkan warna kulit. 


Sheet Mask
Untuk sheet mask sendiri pasti udah tau donk, masker yang berbentuk topeng itu. dan ini manfaatnya terasa ampuh banget karena setelah dipake bikin kulit lembut bangeet dan terasa lembab banget.. apalagi kalau saya pake sampe ketiduran sampe pagi hehehehe..

Untuk Sheet mask ini saya sih beli acak saja tidak begitu lihat produk mana. Kebetulan yang saya pake ini dari Leader dan Nature Republic fungsinya tetep saya cari yang buat mengecilkan pori dan mencerahkan. Sheetmask dari Leader ini berbahan kertas jadi lumayan cepet keringnya, dan saya beli online di instagram

Untuk yang Nature Republic ini lagi-lagi saya beruntung dapet dari nitip temen yang kebetulan lagi liburan ke Korea. Dan lagi lagi dengan kekuatan medsos waktu itu ga sengaja saya liat diinstastory dia lagi dikorea, wuaaah korea kalo korea kan inget skincarenya. Langsung donk saya hubungi temen saya dan alhamdulillah lagi temen saya itu baik banget karena mau saya titipin (dadakan) untuk bawain beberapa pack Sheet mask ke Indonesia. Emang dibanding beli di Indonesia harganya bisa setengah harga loh.

Manfaatnya Sheet Mask sendiri diluar manfaat dari segala macam variannya, yang jelas sheet mask sangat membantu melembabkan kulit dan menyegarkan kulit.

Oya untuk sheet mask sebaiknya disimpan di kulkas, karena dengan  menyimpan sheet mask ke dalam kulkas bisa jadi cara untuk ngedapetin cooling effect yang menyegarkan buat kulit


#4 Faceshop Jeju Volcanic Lava Peel-Off Clay Nose Mask

Nah yang ini tuh semacam masker yang buat nyabut komedo gitu ceritanya. Ya karna saya tergila-gila dengan Jeju jadi saya coba deh semua yang berbau jeju. Tapi sayang untuk yang satu ini menurut saya failed gitu pada pemakaian pertama. Kenapa? soalnya pada pemakaian pertama dimana belum saya rasa manfaatnya saya udah kapok duluan karna susah banget mau Peel-Off si masker karna si masker bener-bener nempel gitu. Jadi pas di Peel-Off serasa ditarik juga kulitnya. hehehe

Entahlah, mungkin saya belum tau juga cara pakainya. Tapi setelah saya baca dari beberapa review sih emang agak susah buat nge-Peel-Off si masker dari hidung, dan kalau mau gampang pemakaian harus agak tebel gitu. Mungkin saya harus coba lagi hehehe. Susah ya pengen cantik harus sakit hahaha.

#5 Innisfree Jeju Vocanic Pore Toner

Seperti yang sudah-sudah Jeju ini berkhasiat banget mengangkat sebum diwajah sehingga membuat kulit tampak lebih segar dan halus. Toner ini membantu membersihkan segala kotoran yang masih tersisa dikulit setelah mencuci muka.

Dan saya suka toner ini karna free alcohol, segar diwajah. Jadi sebelum saya mulai mengaplikasikan tahap-tahap berikutnya (seperti pelembab, sunblock dll), setelah mencuci muka, pakai toner tuh kaya yang udah wajib banget buat saya. Dan Innisfree Jeju Vocanic Pore Toner ini recommended banget.


#6 Bodyshop Drops of Youth - Youth Fresh Emulsion

Bodyshop Drops of Youth - Youth Fresh Emulsion ini tuh semacam pelembab yang sudah SPFnya, berfungsi sebagai anti-pollution dan memberikan perlindungan terhadap UVA - UVB. Teksturnya yang berbentuk gel bikin mudah buat dipalikasiin. SPFnya memang masih 20 yang mana katanya sih standar SPF yang bagus itu 30 tapi untuk saya yang beraktifitas didalam ruangan 20 sudah cukup. 



#7 Faceshop Jeju Aloe Vera Shooting Gel

Nah ini produk paling favorite. Aloe Vera Shooting Gel. Jeju Aloe ini memang produk dari Faceshop. Memang sih diluar boomingnya Nature Republik. Tapi pada saat itu saya cari kebetulan stok Nature Republik di Onlineshop kebanyakan kosong dan ternyata justru di konternya Faceshop sendiri barangnya ready stok yaudah ga pake tunggu tunggu deh buat nyobain produk yang satu ini. Dan ternyata saya suka bangeeettttt. Karna memang produk ini bagus banget dan banyak manfaatnya. Saking sukanya dan saya pikir saya sangat merasakan sekali manfaatnya, saya pake produk ini sekali dua hari, setelah pelembab muka dipagi hari dan sebelum tidur jadi kaya cream malam dan cream pagi gitu.

Saya ga akan bahas manfaat detail dari produk ini sih, karna pasti sudah pada tau manfaatnya selain untuk kulit, rambut, kuku, sampai badan. Manfaat yang jelas-jelas saya rasain adalah selain kulit wajah yang menjadi lembab dan lembut, bulu mata saya yang tadinya rontok dan jarang jarang akibat dulu pernah dikeriting bulu mata, si bulunya tumbuh lagi. Mungkin karna setiap pake saya olesin semuka-muka sampai ke mata-mata. Kan katanya Aloe Vera ini bermanfaat juga buat rambut.


Ya itulah produk-produk yang saya pakai, dan sejauh ini alhamdulillah setelah 8 bulan penggunaan cocok banget untuk kulit saya yang berminyak. Mungkin akan berbeda untuk setiap orang mengingat jenis kulit setiap orang juga berbeda. Mungkin untuk kalian yang ingin mencoba produk dari merk yang sama mungkin bisa memilih jenisnya saja yang disesuaikan dengan kebutuhan kulit masing-masing.


Atau sudah ada yang sudah mencoba dengan produk lain untuk kulit yang berminyak seperti saya? rekomend donk

1 comment:

  1. Your work is truly appreciated round the clock and the globe. It is incredibly a comprehensive and helpful blog. Dog Booster Seat

    ReplyDelete